Kanopi

KANOPI menjadi salah satu elemen eksterior yang dianggap penting, karena secara mudah bisa melindungi rumah sekaligus mempercantik rumah. Artinya, rumah tidak perlu dirombak. Jika rumah mempunyai kanopi, otomatis rumah terlindung dari air hujan serta teriknya matahari. Hal tersebut membuat rumah lebih awet.

Berdasarkan fungsinya, kanopi dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu kanopi sambungan atap, kanopi yang berdiri sendiri, dan kanopi untuk teras. Kanopi sambungan atap merupakan terusan dari atap. Kanopi yang berdiri sendiri adalah kanopi yang berfungsi melindungi bagian bangunan seperti jendela, ventilasi, atau pintu. Adapun kanopi teras adalah kanopi yang dibuat di depan rumah sehingga teras aman dari air hujan dan sengatan matahari.

”Fungsi kanopi adalah melindungi rumah dari perubahan cuaca. Bila kanopi tidak bisa melindungi maka fungsi utamanya belum terpenuhi. Nah, karena itu penempatannya harus disesuaikan dengan fungsi utamanya,” ujar arsitek Probo Hindarto. Sementara itu, arsitek Nugroho Widhi menyebutkan bahwa pengaplikasian kanopi harus disesuaikan dengan fungsi dan ruang. Ruang yang dimaksud seperti di atas kusen jendela dan pintu di rumah, balkon, serta teras.

Agar semakin cantik, kanopi sebaiknya diberi elemen pendukung untuk mempercantik tampilannya, seperti pemilihan warna yang kontras dan pencahayaan yang tepat. Namun jangan karena ingin mengadopsi warna kontras, rumah malah terlihat jelek. Jadi, tetap perhatikan gaya bangunan rumah. (raya simarmata)

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: